Pembelajaran Teknik Dasar Tari Bali Putri Menggunakan Media Audio Visual di SMP Negeri 6 Denpasar
Keywords:
Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Teknik Dasar, Tari Bali PutriAbstract
Pembelajaran seni tari merupakan upaya penting untuk melestarikan budaya Bali, namun di SMP Negeri 6 Denpasar, pemahaman siswa terhadap teknik dasar tari Bali masih kurang. Untuk mengatasi masalah ini, media audio visual diharapkan dapat menjembatani kesenjangan tersebut dengan memberikan contoh gerakan dan ekspresi yang benar. Penelitian ini menggunakan metode gabungan kuantitatif dan kualitatif dengan desain Weak Experimental Design (Pre-experimental) melalui One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran meningkatkan nilai rata-rata siswa dari 59,50 menjadi 76,50. Proses pembelajaran meliputi penyampaian tujuan, demonstrasi, dan diskusi. Uji-r menunjukkan korelasi positif signifikan antara penggunaan video dan hasil belajar siswa. Faktor pendukung termasuk teknologi dan fasilitas sekolah, sedangkan penghambatnya adalah pemadaman listrik dan ruang praktik yang terbatas akibat pembangunan gedung aula. Dengan demikian, penerapan media audio visual dalam pembelajaran teknik dasar Tari Bali Putri tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap pelestarian budaya melalui pendidikan seni tari di sekolah. Penelitian ini membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut dalam penggunaan media pembelajaran yang inovatif di masa depan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.