Penggunaan Metode Mandiri dalam Pembelajaran Materi Teks Biografi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran materi teks biografi yang menggunakan metode mandiri di kelas X IPS 1 SMA N 1 Kintamani, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam memahami materi teks biografi yang menggunakan metode mandiri di kelas X IPS 1 SMA N 1 Kintamani, (3) mendeskripsikan respons siswa selama menggunakan metode mandiri di kelas X IPS 1 SMA N 1 Kintamani. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas X IPS 1 SMA N 1 Kintamani, sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan metode mandiri dalam pembelajaran teks biografi. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran mandiri yang dilakukan di kelas X IPS 1 berjalan dengan lancar sesuai dengan RPP yang diterapkan, (2)Hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi teks biografi menggunakan metode mandiri mencapai rata-rata 81,14, dan (3) Pembelajaran teks biografi menggunakan metode mandiri mendapat respons positif dari siswa. Berdasarkan simpulan tersebut, ada beberapa saran yang dapat disampaikan yaitu: (1) bagi guru, penelitian ini diharapkan mampu memberikan pedoman tentang penerapan metode mandiri dalam proses pembelajaran materi teks biografi, (2) bagi siswa, diharapkan mampu memanfaatkan metode mandiri secara optimal selama proses pembelajaran, dan (3) bagi peneliti lainnya, diharapkan melakukan penelitian serupa namun dengan konsep yang berbeda sehingga teori yang ditemukan semakin banyak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.