Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Bahasa Jepang dalam Situasi Daring

Authors

  • Angela Ni Nyoman Desy Tri Cahyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadnyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.36663/jpmi.v2i1.313

Keywords:

Media, Pembelajaran, Bahasa Jepang, Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan persepsi guru terhadap pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Jepang secara daring pada SMA di Kota Singaraja, dan 2) menganalisis kendala yang dihadapi guru terhadap pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Jepang secara daring pada SMA di Kota Singaraja dan upaya dalam mengatasinya. Subjek dalam penelitian ini adalah 11 guru bahasa Jepang di SMA Kota Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Data hasil penelitian akan dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) persepsi guru terhadap pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Jepang secara daring termasuk kedalam kriteria baik, yang dibuktikan dengan persentase yang didapat yaitu 74,47%. 2) Kendala yang dihadapi guru ditengah pembelajaran daring dalam pemanfaatan media pembelajaran bahasa Jepang adalah kurangnya pengetahuan di bidang IT. Solusi guru dalam mengatasi kendala ini adalah banyak melakukan diskusi dengan tim IT sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Cahyani, A. N. N. D. T. ., Mardani, D. M. S., & Sadnyana, I. W. (2022). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Bahasa Jepang dalam Situasi Daring. Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.36663/jpmi.v2i1.313

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.