Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Bahasa Jepang dalam Situasi Daring
DOI:
https://doi.org/10.36663/jpmi.v2i1.313Keywords:
Media, Pembelajaran, Bahasa Jepang, DaringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan persepsi guru terhadap pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Jepang secara daring pada SMA di Kota Singaraja, dan 2) menganalisis kendala yang dihadapi guru terhadap pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Jepang secara daring pada SMA di Kota Singaraja dan upaya dalam mengatasinya. Subjek dalam penelitian ini adalah 11 guru bahasa Jepang di SMA Kota Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Data hasil penelitian akan dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) persepsi guru terhadap pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Jepang secara daring termasuk kedalam kriteria baik, yang dibuktikan dengan persentase yang didapat yaitu 74,47%. 2) Kendala yang dihadapi guru ditengah pembelajaran daring dalam pemanfaatan media pembelajaran bahasa Jepang adalah kurangnya pengetahuan di bidang IT. Solusi guru dalam mengatasi kendala ini adalah banyak melakukan diskusi dengan tim IT sekolah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Angela Ni Nyoman Desy Tri Cahyani, Desak Made Sri Mardani, I Wayan Sadnyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.