Analisis Kesiapan Pembelajaran Bahasa Jepang Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Banjar
DOI:
https://doi.org/10.36663/jpmi.v1i2.309Keywords:
Covid-19, kesiapan pembelajaran daring, bahasa Jepang, SMAAbstract
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengukur tingkat kesiapan pembelajaran bahasa Jepang secara daring siswa, guru dan materi di SMA Negeri 1 Banjar pada masa Pademi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode gabungan dari teori Chapnick (2000) dan Kebritchi (2017). Sedangkan analisis data menggunakan metode dari Aydin dan Tasci (2005). Metode pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan kuesioner. Hasil wawancara dan kuesioner dianalisis menjadi data kualitatif. Subjek dari penelitian ini yakni 2 guru bahasa Jepang dan 116 siswa jurusan bahasa di SMA Negeri 1 Banjar. Berdasarkan hasil penelitian kesiapan siswa mendapatkan skor 3,8 ; kesiapan guru mendapatkan skor 4,0 ; dan kesiapan materi mendapatkan skor 4,0. Rata-rata skor keseluruhan yakni 3,9. Jadi tingkat kesiapan pembelajaran bahasa Jepang secara daring di SMA Negeri 1 Banjar sudah dapat dinyatakan siap, namun memerlukan sedikit peningkatan.