Kendala Mahasiswa Angkatan 2019 Dalam Pembelajaran Daring Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020 Pada Mata Kuliah Konten Bahasa Jepang di Universitas Pendidikan Ganesha
DOI:
https://doi.org/10.36663/jpmi.v1i2.305Keywords:
kendala, daring, bahasa JepangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dialami oleh mahasiswa serta cara mengatasinya selama pembelajaran daring Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Angkatan 2019 yang mengambil semua mata kuliah konten bahasa Jepang (Bunpou Shochukyu, Chokai Shochukyu, Kaiwa Shochukyu, Dokkai Shokyu, Kanji Shokyu dan Sakubun Shokyu). Objek penelitian ini adalah kendala yang dialami oleh mahasiswa serta cara mengatasinya selama pembelajaran daring Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara semi terstruktur, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kendala teknis yang dialami mahasiswa yaitu terkait keterbatasan fisik dan memori pada gawai (gadget), kondisi sinyal internet, kuota internet dan platform pembelajaran daring. Kemudian kendala nonteknis yang dialami mahasiswa yaitu pemahaman terhadap penyampaian materi pada mata kuliah konten bahasa Jepang. (2) Cara mahasiswa mengatasi kendala teknis yaitu dengan berbagi fasilitas gawai (gadget) dengan anggota keluarga dan berkoordinasi dengan dosen. Kemudian kendala nonteknis diatasi dengan cara latihan mandiri, mencari referensi tambahan terkait materi yang kurang dipahami dan berkoordinasi dengan teman.