IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER YANG TERDAPAT PADA GEGURITAN NI DYAH TANTRI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA TAHUN AJARAN 2020/2021

https://doi.org/10.36663/wspah.v4i2.283

Authors

  • Ni Kadek Widiasih STKIP Agama Hindu Singaraja
  • I Nengah Dwi Endra Suanthara STKIP Agama Hindu Singaraja

Keywords:

Nilai Karakter, Geguritan Ni Dyah Tantri

Abstract

Karakter adalah sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti siswa. Radikalisme dikalangan generasi muda termasuk siswa dapat disebabkan oleh lemahnya karakter yang dimilikinya, oleh karenanya perlu diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai karakter yang terdapat pada geguritan Ni Dyah Tantri dan implementasinya pada Siswa SMK TI Bali Global Singaraja. Untuk memperkuat pembahasan terhadap tujuan di atas digunakan kajian teori. Dalam  memecahkan masalahh digunakan beberapa metode yaitu: penelitian dirancang dengan penelitian kualitatif yang berlaku pada SMK TI Bali Global Singaraja, metode penentuan informan digunakan populasi studi atau meneliti seluruh siswa dalam kelas tersebut, metode pengumpulan data digunakan kuisioner, wawancara, obsevasi, dan pencatatan dokumen, metode uji keabsahan data digunakan trianggulasi dan analisis data digunakan deskriptif kualitatif yang menggunakan skor atau angka sebagai dasar untuk menentukan makna kualitatif. Hasil analisis diperoleh bahwa nilai karakter yang terdapat dalam geguritan Ni Dyah Tantri ada tujuh karakter, masing-masing dengan rincian skor implementas yaitui; nilai karakter cinta kasih 92,75% (Sangat Baik), nilai karakter disiplin dan kesetiaan 87,33% (Sangat Baik), nilai karakter bersahabat dan komunikatif 71,5% (Cukup), nilai karakter kecerdasan 90, 54% (Sangat Baik), nilai karakter demokratis dan keiklasan 81,75% (Baik), nilai karakter ketangguhan dan kerja keras 92,66% (Sangat Baik), dan nilai karakter patriotik dan cinta damai serta toleransi 96% (Sangat Baik). Hasil penelitian direkomendasikan kepada para pendidik terutama guru di SMK TI Bali Global Singaraja dan orang tua Siswa dapat mentransfer nilai-nilai karakter dalam geguritan Ni Dyah Tantri lebih baik lagi untuk menunjang capaian lulusan yang berkualitas.

Published

2022-02-07

How to Cite

Widiasih, N. K. . and Suanthara, I. N. D. E. (2022) “IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER YANG TERDAPAT PADA GEGURITAN NI DYAH TANTRI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA TAHUN AJARAN 2020/2021”, Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 4(2), pp. 110-119. doi: 10.36663/wspah.v4i2.283.

Issue

Section

Articles