PENERAPAN KONSEP TRI KAYA PARISUDHA PELATIHAN YOGA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI

https://doi.org/10.36663/wspah.v4i1.206

Authors

Abstract

Model pembelajaran merupakan cara atau strategi yang digunakan guru dalam menelola pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Capaian
pembelajaran merupakan indikator keberhasilan yang dilakukan guru dalam proses belajar-mengajar. Fenomena rendahnya hasil belajar banyak dipengaruhi oleh kesalahan guru dalam memilih atau menggunakan metode atau model pembelajaran. Model atau metode yang konvensional tentu tidak berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tetapi model atau metode pembelajaran yang inovatif diduga sangat berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Menemukan metode atau model pembelajaran baru merupakan tugas yang penting dilakukan oleh guru. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran baru yang bersumber dari ajaran Agama Hindu. Judul penelitiannya yaitu Perpaduan Konsep Tri Kaya Parisudha dengan Pelatihan Yoga Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budhi Pekerti. Penelitian ini dirancang dengan penelitian eksperimen model pre test post test control group disign. Populasi seluruh siswa kelas XI SMKN 3 Singaraja dengan jumlah sampel sebanyak 61 orang dengan rincian kelas eksperimen 31 orang dan kontrol 30 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah claster random sampling dengan teknik undian. Metode pengumpulan data digunakan tes prestasi belajar, observasi digunakan untuk data aktivitas siswa dan wawan cara sebagai pelengkap. Analisis data digunakan analisis statistik inferensial melalui uji-t dan taraf signifikansi 5% di dapat th (2,095) > tt (1,671). Hasil penelitian bahwa ada pengaruh Perpaduan Konsep Tri Kaya Parisudha dengan Pelatihan Yoga Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budhi Pekerti. Hasil penelitian merekomendasikan bahwa para guru agama dan budhi pekerti membuat penelitian eksperimen khusus dibidang metode pembelajaran dengan mengambil aspek dari ajaran Agama Hidu
serta mampu menggunakannya dengan tepat dan benar.

Published

2021-08-31

How to Cite

Suanthara, I. N. D. E. . (2021) “PENERAPAN KONSEP TRI KAYA PARISUDHA PELATIHAN YOGA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI”, Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 4(1), pp. 9-17. doi: 10.36663/wspah.v4i1.206.

Issue

Section

Articles