Games Based Learning Berlandaskan Ajaran Tri Kaya Parisudha Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti
Games Based Learning Berlandaskan Ajaran Tri Kaya Parisudha Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan metode Game Based Learning yang berdasarkan ajaran Tri Kaya Parisuda dalam peningkatan aktivitas dan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas VIII SMP Mutiara Singaraja. Desain penelitian ini adalah kaulitatifdata didapatkan melalui teknik pengambilan data test dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prestasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas pada saat pretes adalah 42,22, nilai siklus I 72,22 dan nilai pada siklus II meningkat menjadi 82,58. Sedangkan untuk aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa nilai siklus I sebesar 58,67 % dengan katagori rendah dan menunjukkan nilai 87,11 % dengan katagori baik pada siklus II. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi. Maka dari itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Game Based Learning yang berdasarkan Ajaran Tri Kaya Parisudha dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas VIII SMP Mutiara Singaraja tahun pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk meingkatkan aktivitas dan prestasi belajar pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa.
Kata kunci: aktivitas belajar, prestasi belajar, Hindu, Game Based Learning, Tri Kaya Parisudha
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Komang Tari Karismayanti; Ketut Sri Susani , Nyoman Suastini, Komang Tari Karismayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.