Metode Diskusi Berbasis Bimbingan Cara Belajar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu

Authors

  • Kadek Ayu Oktaviani STKIP Agama Hindu Singaraja
  • I Wayan Gara STKIP Agama Hindu Singaraja

Keywords:

Metode, Belajar, Diskusi Kelompok, Aktivitas Dan Prestasi Belajar, Efektif Dan Efesien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu bagi siswa klas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja melalui penerapan metode diskusi kelompok yang dikombinasikan dengan bimbingan belajar yang efektif dan efesien.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yeng terdiri dari dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan,observasi,evaluasi,analisis, dan refleksi yang dilakukan disetiap siklus.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X multimedia SMK TI Bali Global Singaraja pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 14 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktifitas belajar siswa dalam dalam pembelajaran Pendidikan agama Hindu pada siklus I sebesar 57% dan siklus II sebesar 83%,ini sudah melebihi target yang ditentukan yaitu sebesar 80%.Meningkatnya aktifitas belajar siswa tersebut berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari perbandingan hasil evaluasi pada siklus I dan II.Pada siklus I rata-rata kelas (Mean) sebesar 73,92,daya serap(DS)sebesar 73,92 dan ketuntasan belajar (KB) sebesar 50%peningkatan pada siklus II menjadi rata-rata kelas (Mean) 83,92,daya serap(DS) 83,92% dan ketuntasan belajarnya (KB) 100% dari target 80%.Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian berhasil dan dapat dihentikan pada siklus II. Dengan demikian penerapan metode Diskusi Kelompok Yang Dikombinasikan Dengan Bimbingan Cara Belajar Yang Efektif Dan Efesien Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada siswa kelas X Multimedia SMK TI Bali  Global Singaraja tahun pelajaran 2020/2021.

Downloads

Published

2019-08-30

How to Cite

Oktaviani, K. A. ., & Gara, I. W. (2019). Metode Diskusi Berbasis Bimbingan Cara Belajar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu . Prabha Vidya, 1(2), 1–8. Retrieved from https://jurnal.stkipahsingaraja.ac.id/index.php/prabavidya/article/view/319

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.