Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar pendidikan agama Hindu bagi siswa kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja melalui penerapan metode diskusi kelompok yang dikombinasikan dengan bimbingan belajar yang efektif dan efesien. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, analisis dan refleksi yang dilakukan di setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X multimedia SMK TI Bali Global Singaraja pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 14 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktifitas belajar siswa dalam dalam pembelajaran pendidikan agama Hindu pada siklus I sebesar 57% dan siklus II sebesar 83%, ini sudah melebihi target yang ditentukan yaitu sebesar 80%. Meningkatnya aktifitas belajar siswa tersebut berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari perbandingan hasil evaluasi pada siklus I dan II. Pada siklus I rata-rata kelas (Mean) sebesar 73,92,daya serap (DS) sebesar 73,92 dan ketuntasan belajar (KB) sebesar 50% peningkatan pada siklus II menjadi rata-rata kelas (Mean) 83,92, daya serap (DS) 83,92% dan ketuntasan belajarnya (KB) 100% dari target 80%. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian berhasil dan dapat dihentikan pada siklus II. Dengan demikian penerapan metode diskusi kelompok yang dikombinasikan dengan bimbingan cara belajar yang efektif dan efesien untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar pendidikan agama Hindu terhadap prestasi belajar pendidikan agama Hindu ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada siswa kelas X Multimedia SMK TI BaliĀ  Global Singaraja tahun pelajaran 2020/2021.

Article Details

How to Cite
Seriasih , N. W. . (2023). Kombinasi Metode Diskusi Kelompok Dengan Cara Belajar Efektif Dan Efisien Pada Siswa SMK TI Global Singaraja. Prabha Vidya, 3(1), 44-51. Retrieved from https://jurnal.stkipahsingaraja.ac.id/index.php/prabavidya/article/view/449