Persepsi Guru Terhadap Sistem Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Authors

  • Ni Luh Putu Utami Darma Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Yeni Rahman Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.36663/jpmi.v2i1.310

Keywords:

Persepsi Guru, Evaluasi Pembelajaran, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru bahasa Jepang terhadap kesesuaian sistem evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 revisi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Hasil data wawancara dan kuesioner dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru bahasa Jepang dikota Singaraja. Objek penelitian ini adalah persepsi guru bahasa Jepang terhadap kesesuaian sistem evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 edisi revisi. Hasil penelitian ini mencakup tentang tujuh komponen sistem evaluasi pembelajaran yaitu, proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, evaluasi kurikulum dan penjabarannya, evaluasi dan penyempurnaan pelaksanaan pengajaran, pelaksanaan pembinaan siswa dan bimbingan konseling, dan instrumen hasil pembelajaran, yang dilaksanakan di SMA yang berada di kota Singaraja, dan telah disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi revisi. Diperoleh data sebanyak 83,4% yang dapat diartikan bahwa persepsi guru bahasa Jepang terhadap kesesuaian system evaluasi pembelajaran dikatakan “baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-07

How to Cite

Putri, N. L. P. U. D. ., Sadnyana, I. W., & Rahman, Y. (2022). Persepsi Guru Terhadap Sistem Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.36663/jpmi.v2i1.310

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.