Pengembangan Buku Bahasa Jepang Restoran Untuk Pramusaji di Restoran Qwachi Marriott Hotel Resort and Spa Okinawa
DOI:
https://doi.org/10.36663/jpmi.v2i2.439Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman membaca siswa melalui teknik skimming-scanning di SMPN 6 Singaraja dan untuk mendeskripsikan masalah dalam penerapan skimming dan scanning pemahaman membaca siswa kelas VII di SMPN 6 Singaraja. Penelitian kualitatif deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. 1 Guru dan 27 siswa menjadi fokus subjek penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Teknik skimming-scanning diterapkan di kelas dimulai dari persiapan pembelajaran yang dapat dilihat dari materi dan RPP dan siswa mampu memahami kosakata dari kalimat sederhana, mampu membuat referensi sederhana dengan menggunakan true false dan mampu mengidentifikasi ide pokok dari teks pendek dan sederhana. 2) guru dan siswa mengalami kendala pada saat penerapan teknik skimming-scanning di SMPN 6 Singaraja dimana siswa berkemampuan rendah mengalami kesulitan dalam memahami teks yang diberikan oleh guru dan guru harus mampu mengelola kelas.