PENERAPAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Luh Putu Windaresa STKIP Agama Hindu Singaraja
  • I Wayan Suwendra STKIP Agama Hindu Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.36663/wspah.v4i2.285

Keywords:

Explicit Instructions, Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Explicit Instructions dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti pada siswa kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja dengan subyek penelitian berjumlah 14 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, pemberian tes yang diolah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kenaikan yang signifikan pada siklus I dan siklus II terkait aktivitas dan prestasi belajar Siswa kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja sebagai berikut: Aktivitas Belajar pada siklus I sebesar 72,8% meningkat menjadi 81,7% pada siklus II pada katagori tinggi Untuk prestasi belajar yaitu : pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas (M) sebesar 73,9% ,daya serap klasikal (DS) 73,7%, dan ketuntasan belajar klasikal (KB) 64,3%. Hal ini meningkat pada siklus II, yaitu nilai rata-rata kelas (M) 80%, daya serap klasikal (DS) 80%, dan ketuntasan belajar klasikal (KB) 85,7%.  Berdasarkan hasil tersebut direkomendasikan kepada para guru Agama Hindu agar dapat menggunakan metode ini dalam pembelajaran secara baik dan benar dalam rangka peningkatan kualitas proses dengan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-02-07

How to Cite

Windaresa, L. P. . and Suwendra, I. W. (2022) “PENERAPAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI ”, Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 4(2), pp. 120–126. doi: 10.36663/wspah.v4i2.285.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.