PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN AGAMA HINDU UNTUK DI MASA PANDEMI

https://doi.org/10.36663/wspah.v3i1.69

Authors

  • Ni Putu Sri Agustini Agustini Guru SD N 2 Mengwitani

Abstract

Pembelajaran Daring dengan Whatsapp Group di kelas IV SD No.2 Mengwitani, berupa pemecahan masalah, mengkreasikan konten, menciptakan suatu karya, melakukan hobi, menanggapi dan menjawab siswa dan guru serta hal-hal yang mengasah keterampilan siswa. Dampak dari kegiatan tersebut untuk kelas IV SD  No. 2 Mengwitani  meliputi perilaku kreatif antara lain siswa menyatakan ide atau tanggapan yang dimilikinya kepada siswa lain, siswa bersikap terbuka dengan mendengarkan pendapat dari orang lain, dan siswa menghasilkan ide atau karya yang baru serta melakukan percobaan yang baru. Siswa juga mencoba memanfaatkan media sosial WhatsApp untuk saling mengingatkan kepada sesama teman agar mengerjakan tugas yang diberikan oleh Guru. Ada pula yang saling menyemangati satu sama lain melalui status WhatsApp dalam hal belajar agar motivasi untuk belajar terbentuk. Fitur WhatsApp juga dimanfaatkan oleh para pendidik, seperti fitur dokumen. Pendidik menggunakan fitur tersebut dengan mengirimkan bacaan yang bermanfaat atau materi pelajaran yang akan dipelajari maupun yang sudah dipelajari di dalam grup WhatsApp untuk kemudian dibaca dan dipelajari oleh siswa. WhatsApp dapat menjadi media pembelajaran yang baik serta untuk memotivasi belajar untuk para penggunanya, terutama untuk para siswa.

 

References

Bintoro, H. S., & Zuliana, E. 2015. Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Refleksi Edukatika, 4(1).

Cetinkaya, L. 2017. The impact of WhatsApp use on success in education process. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 18(7).

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Masfuah, S. & Pratiwi, I.A. 2019. Pentingnya Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Bersahabat. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global.

Salam, M. 2020. WhatsApp: Presence, Learning Activities, and Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2).

Utaminingsih, S., Agustini, F., & KHB, M. A. 2019. Pengembangan Media Scrap Book Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 64-70.

Xue, S., & Churchill, D. 2020. Educational affordances of mobile social media for language teaching and learning: a chinese teacher’s perspective. Computer Assisted Language Learning, 1-30

Published

2020-08-28

How to Cite

Agustini, N. P. S. A. (2020) “PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN AGAMA HINDU UNTUK DI MASA PANDEMI”, Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 3(1), pp. 67-72. doi: 10.36663/wspah.v3i1.69.

Issue

Section

Articles