PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN KONSEP TRI KAYA PARISUDHA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI

Penulis

  • Ni Putu Ayu Tri Utami STKIP Agama Hindu Singaraja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja melalui Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbantuan Konsep Tri Kaya Parisudha. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaa tindakan, observasi, evaluasi, analisis dan refleksi yang dilakukan pada setiap siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja, pada semester ganjil yang berjumlah 17 orang siswa, yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan evaluasi. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari analisis data yang diperoleh bahwa mengalami peningkatan aktivitas, sikap dan prestasi belajar dari siklus I ke siklus II serta melampui target yang ditentukan oleh peneliti. Hasil penelitian sebagai berikut: hasil aktivitas belajar pada siklus I 55%, pada siklus II meningkat menjadi 86%. Hasil sikap belajar pada siklus I 59%, pada siklus II meningkat menjadi 89%. Sedangkan, hasil prestasi belajar pada siklus I rata-rata kelas (M) sebesar 69,12, daya serap (DS) sebesar 69,12% dan ketuntasan belajar (KB) sebesar 47,06%. Hasil tersebut meningkat pada siklus II menjadi sebagai berikut: rata-rata kelas (M) sebesar 82,35, daya serap (DS) sebesar 82,35% dan ketuntasan belajar (KB) sebesar 88,23%. Dengan demikian Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbantuan Konsep Tri Kaya Parisudha dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja Tahun Pelajaran 2021/2022.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-09

Cara Mengutip

Utami, N. P. A. T. . (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN KONSEP TRI KAYA PARISUDHA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI. Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 5(2), 39-47. Diambil dari https://jurnal.stkipahsingaraja.ac.id/index.php/wspah/article/view/420

Terbitan

Bagian

Articles