PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI BANYUSERI

Authors

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aspek pengetahua dan keterampilan pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti peserta didik kelas V SD Negeri Banyuserri semester ganjil  tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan pendekatan pembelajaran saintifik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Banyuseri semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah dua puluh enam orang terdiri atas dua belas orang laki-laki dan empat belas orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dengan tahapan sebagai berikut; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan penilaian, dan (4) refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah tes dan nontes. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif sederhana dan dinarasikan secara kualitatif. Hasil penelitian pada siklus-1 sebagai berikut; aspek pengetahuan peserta didik yang tuntas 80,77% dan peserta didik yang tidak tuntas 19,23% dan aspek keterampilan peserta didik yang tuntas 80,77% dan peserta didik yang tidak tuntas 19,23%. Hasil penelitian pada siklus-2 sebagai berikut; aspek pengetahuan peserta didik yang tuntas 92,31% dan peserta didik yang tidak tuntas 7,69% dan aspek keterampilan peserta didik yang tuntas 88,46% dan peserta didik yang tidak tuntas 11,54%.  Berdasarkan analisis hasil belajar  tersebut disimpulkan bahwa, penerapan pendekatan pembelajaran saintifik secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti aspek pengetahuan dan aspek keterampilan peserta didik kelas V SD Negeri Banyuseri semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.

Published

2022-02-07

How to Cite

Ariasa, P. (2022) “PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI BANYUSERI”, Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 4(2), pp. 173-178. Available at: https://jurnal.stkipahsingaraja.ac.id/index.php/wspah/article/view/347 (Accessed: 2May2024).

Issue

Section

Articles