MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36663/wspah.v5i1.3Abstract
Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 11 subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas I Semester I SD Negeri 3 Gadungan Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diimplementasikan model pembelajaran Kuantum dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 68,64 meningkat menjadi 74,56 pada siklus I dan meningkat menjadi 81,55 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 45 % pada siklus I meningkat menjadi 73% dan pada siklus II meningkat menjadi 91%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah bahwa implementasi model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti pada siswa kelas I SD Negeri 3 Gadungan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.