OPTIMALISASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI

https://doi.org/10.36663/wspah.v2i2.12

Authors

  • Gusti Ayu Putu Sukarmi SD Negeri 1 Sembung Gede

Abstract

Kemajuan mutu pendidikan utamanya peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah akan mampu diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan. Oleh karenanya penulis mencoba melakukan penelitian ini demi adanya upaya perbaikan tersebut. Tujuan tersebut lebih jelas lagi dan lebih terfokus lagi adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa Kelas 1 semester I SD Negeri 1 Sembung Gede Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah optimalisasi penggunaan model pembelajaran Inkuiri dalam pembelajaran. Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional dirubah menggunakan model Inkuiri. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 69,79 dengan ketuntasan belajar 50% pada siklus I naik menjadi 72,44 dengan ketuntasan belajar 67%, dan pada siklus II naik menjadi 82,72 dengan ketuntasan belajar 94%. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa usaha maksimal penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas 1 semester I SD Negeri 1 Sembung Gede tahun pelajaran 2017/2018.

Published

2019-07-23

How to Cite

Sukarmi, G. A. P. . (2019) “OPTIMALISASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI”, Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 2(2), pp. 7-12. doi: 10.36663/wspah.v2i2.12.

Issue

Section

Articles