Tradisi Ngamuk-Amukan di Desa Padang Bulia, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng (Studi Komunikasi)

Authors

  • Putu Myra Putri Utami STKIP Agama Hindu Singaraja
  • Ni Wayan Seriasih STKIP Agama Hindu Singaraja
  • I Gede Andi Legawa STKIP Agama Hindu Singaraja

Abstract

Di masing-masing tempat yang ada di Bali memiliki sebuah Tradisi yang sakral dan unik yang merupakan warisan dari para leluhur hingga saat ini masih ada dan dilestarikan. Khususnya di Desa Padang Bulia Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng juga memiliki tradisi unik yang sampai saat ini masih dilaksanakan yaitu Tradisi Ngamuk-amukan. Berdasar pada pernyataan diatas, tujuan penelitian terhadap Tradisi Ngamuk-amukan adalah untuk mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan tradisi Ngamuk-amukan mengenai proses pelaksanaan, makna dan nilai yang terkandung di dalamnya. Untuk memperkuat dari hasil penelitian ini di tunjang dengan hasil kajian dari penelitian lainnya dan didukung pula sumber-sumber buku. Untuk mengungkap permasalahan diatas Landasan Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komunikasi menurut Harold Lasswell, Teori Nilai dan teori Makna. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara dan pencatatan dokumen. Data yang dianalisis menggunakan teknik deskriptif. Penyajian hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Proses pelaksanaan Tradisi Ngamuk-amukan dengan saling mengadu prakpak/danyuh yang sudah dibakar dan dilakukan antar kelompok. 2) Makna tradisi Ngamuk-amukan yang terkandung adalah makna religius, makna sosial budaya, makna pendidikan. 3) Nilai yang terkandung pada tradisi Ngamuk-amukan yaitu nilai religius, nilai sosial budaya, nilai filosofis.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Putri Utami, P. M., Seriasih, N. W., & Legawa, I. G. A. (2023). Tradisi Ngamuk-Amukan di Desa Padang Bulia, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng (Studi Komunikasi). Prabha Vidya, 3(2), 37–44. Retrieved from https://jurnal.stkipahsingaraja.ac.id/index.php/prabavidya/article/view/681

Issue

Section

Articles