Peran Media Sosial Youtube dan Facebook Terhadap Peningkatan Minat Sosial Budaya Hindu di Kabupaten Buleleng
Abstract
Media sosial memiliki peran yang efektif dalam membuka wawasan masyarakat Indonesia dengan akselerasi digital secara cepat di semua sektor termasuk sosial dan budaya, sejalan dengan kebijakan Pemerintah dalam Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) yang berisikan tentang arah prioritas pembangunan Iptek untuk jangka waktu 28 Tahun 2017-2045. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, mengumpulkan data primer melalui wawancara dengan tehnik purposive sampling, didukung data sekunder google form dengan skala likert, observasi ditambah sumber dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Youtube dan Facebook memiliki peranan bineri terhadap sosial budaya Hindu, peran dengan efek positif lebih mendominasi terutama sebagai media hiburan, media promosi dan media edukasi. Peran Youtube dan Facebook yang positif mampu meningkatkan minat sosial budaya Hindu masyarakat di Kabupaten Buleleng dari kurang tahu menjadi lebih tahu, meningkat menjadi mengerti dan sebagian yang mengerti mulai mengimplementasikannya langsung pada kehidupan sehari-hari.