PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR RENANG GAYA BEBAS PADA SISWA KELAS XI TKJ SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar renang gaya bebas melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Pada Siswa Kelas XI TKJ SMK TI Bali Global Singaraja Tahun Pelajaran 2022/2023
Penelitian ini tergolong penelitian tindak kelas. Adapun jumlah siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 21 orang. Pelaksanaan penelitian menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri 2 pertemuan setiap pertemuan dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data analisis menggunakan analisis statistik deskriptif.
Pada siklus I aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 7,10 dan 66,67%, berdasarkan rentang ketuntasan berada dalam kategori cukup baik. Pada siklus II, aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal adalah mencapai 9,14 dan 100%, berdasarkan ketuntasan berada dalam kategori (sangat baik). Rata-rata aktivitas dan hasil belajar teknik dasar renang gaya bebas 8,12 (aktif) dan 83,34% (baik).
Dapat disimpulkan bahwa, aktivitas dan hasil belajar teknik dasar renang gaya bebas meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas XI TKJ SMK TI Bali Global Singaraja Tahun Pelajaran 2022/2023.
Disarankan kepada guru penjasorkes dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar renang gaya bebas.