PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMODELAN (MODELLING )UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR LOMPAT JAUH ( GAYA JONGKOK) PADA SISWA KELAS X TKJ SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023
Abstract
Berdasarkan observasi, aktivitas dan prestasi belajar peseta didik SMK TI Bali Global Singaraja, dapat dikategorikan masih sangat rendah. Dilihat dari fenomena tersebut di atas, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik dengan mencoba menerapkan metode CTL (Contextual Teaching and Learning). Subjek penelitian tersebut adalah siswa Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja Pelajaran 2022/2023. Dalam penelitian tersebut menggunakan metode CTL (Contextual Teaching Learning) dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani. Hasil ini ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil aktivitas belajar pada Siklus I = 80% dan pada Siklus II menjadi 90%. Daya serap siswa pada siklus I 80% dan pada siklus II menjadi 90%. Dari hasil penelitian yang telah dicapai ini dapat diimplementasikan dengan merekomendasikan kepada Guru Pendidikan Jasmani semua, khususnya guru Olaharaga untuk menerapkan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) sebagai upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan siswa dalam bidang pendididkan jasmani, berupa bukti aktivitas dan prestasi belajar peserta didik yang semakin baik.