PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR SERVIS PENDEK BULUTANGKIS PADA SISWA KELAS XI TKP 2 SMK NEGRI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Motode penelitian tergolong digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam II siklus, dimana tiap siklus terdiri 2 pertemuan setiap pertemuan terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa di kelas XI TKP 2 SMK N 3 Singaraja yang berjumlah 30 siswa, dimana terdiri dari 30 siswa putra. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah data analisis menggunakan analisis statistik deskritif kuantitatif. Data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari 1) persentase keterlaksanaan pembelajaran yang di peroleh dari jumlah jawaban ya atau tidak 2) peningkatan hasil belajar siswa yang di peroleh dari hasil protest dan posttest dengan menggunakan model pembelajaran koofratif listning tame.
Pada siklus I aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai (8,93) dan (83,3%) berdasarkan rentangan ketuntasan 65%-74% dalam katogori (baik). Pada aktivitas dan hasil belajar siklus II secara klasikal mencapai (9,65) dan (100%) berdasarkan rentannya ketuntasan 75%-84% dalam kategori ( baik). Rata-rata aktivitas dan hasil belajar teknis servis adalah 9,29 dan 91,65% (sangat baik).
Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar servis pendek bulu tangkis meningkat melalui penerapan model pembelajaran tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan pemahaman siswa khususnya pada meteri pendidikan olahraga dan kesehatan yang berlaku di SMK N 3 Singaraja.