Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas Xi Mipa 1 SMA Negeri 2 Banjar Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing bawah bola voli melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini tergolong penelitin tindakan kelas. Adapun jumlah siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 31 orang. Pelaksanaan penelitian menggunakan 2 siklus terdiri dari 2 pertemuan pada tiap siklus antara lain dari tahap perencanaan tindakan pelaksanaan, tindakan observasi/evaluasi dan refleksi. Data analisis menggunakan analisis statistik deskritif.
Pada siklus I aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai (7,98) berada dalam kategori aktif dan (83,87%) berada pada kategori baik, berdasarkan rentang ketuntasan berada dalam kategori baik. Pada siklus II, aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal adalah mencapai (8,97) berada pada kategori aktif dan (100%) berada pada kategori sangat baik, berdasarkan ketuntasan belajar berada dalam kategori (sangat baik). Rata-rata aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bawah bola voli 8,48 (aktif) dan 91,9% (sangat baik).
Dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bawah bola voli meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar Tahun Pelajaran 2022/2023.