Analisis Kesiapan Pembelajaran Bahasa Jepang Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada SMA Negeri 2 Gerokgak

Authors

  • Kadek Dandi Wirawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nengah Suartini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.36663/jpmi.v1i2.304

Keywords:

Pandemik COVID-19, pembelajaran daring, kesiapan pembelajaran daring

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis kesiapan pembelajaran bahasa Jepang secara daring siswa, guru, dan materi berdasarkan perspektif siswa SMA Negeri 2 Gerokgak semasa pandemi COVID-19 pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Gerokgak yang mendapatkan pembelajaran bahasa Jepang dengan jumlah total 214 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara dan kuesioner online. Penelitian ini menggunakan kombinasi teori ELR Chapnick (2000) dengan Kebritchi, dkk (2017) yaitu kesiapan pembelajaran daring bagi siswa, bagi guru, dan materi. Data dianalisis menggunakan model penilaian ELR Aydin dan Tasci (2005). Hasil penelitian  menunjukkan bahwa kesiapan siswa memiliki jumlah skor ELR 3.12, kesiapan guru dengan skor ELR 3.31, dan kesiapan materi dengan skor ELR 3.24. Berdasarkan skor ELR, kesiapan pembelajaran bahasa Jepang secara daring SMA Negeri 2 Gerokgak belum siap dan membutuhkan beberapa peningkatan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Wirawan, K. D. ., Adnyani, K. E. K. ., & Suartini, N. N. (2022). Analisis Kesiapan Pembelajaran Bahasa Jepang Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada SMA Negeri 2 Gerokgak. Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.36663/jpmi.v1i2.304

Issue

Section

Articles