Persepsi Guru Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Jepang SMK Berbasis Daring di Kota Singaraja

Authors

  • Ni Luh Permata Berliandani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadnyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.36663/jpmi.v1i2.308

Keywords:

pembelajaran daring, bahasa Jepang, kesulitan guru SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) persepsi guru terhadap proses pembelajaran bahasa Jepang SMK berbasis daring di Kota Singaraja, 2) kesulitan yang dialami oleh guru bahasa Jepang dalam proses pembelajaran bahasa Jepang SMK berbasis daring di Kota Singaraja. Subjek pada penelitian ini adalah empat orang guru bahasa Jepang di SMK Kota Singaraja. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi guru terhadap proses pembelajaran bahasa Jepang SMK berbasis daring memiliki rata-rata 75,4% yang tergolong “Baik”. (2) kesulitan yang dialami oleh guru dalam pembelajaran daring bahasa Jepang di SMK Kota Singaraja yaitu kesulitan dalam kuota dan sinyal, keaktifan dan keikutsertaan peserta didik, serta penerapan pendekatan saintifik dan keterampilan abad-21.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Berliandani , N. L. P. ., Mardani, D. M. S., & Sadnyana, I. W. (2022). Persepsi Guru Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Jepang SMK Berbasis Daring di Kota Singaraja. Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia, 1(2), 43–54. https://doi.org/10.36663/jpmi.v1i2.308

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.