Persepsi Guru Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Jepang SMK Berbasis Daring di Kota Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.36663/jpmi.v1i2.308Keywords:
pembelajaran daring, bahasa Jepang, kesulitan guru SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) persepsi guru terhadap proses pembelajaran bahasa Jepang SMK berbasis daring di Kota Singaraja, 2) kesulitan yang dialami oleh guru bahasa Jepang dalam proses pembelajaran bahasa Jepang SMK berbasis daring di Kota Singaraja. Subjek pada penelitian ini adalah empat orang guru bahasa Jepang di SMK Kota Singaraja. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi guru terhadap proses pembelajaran bahasa Jepang SMK berbasis daring memiliki rata-rata 75,4% yang tergolong “Baik”. (2) kesulitan yang dialami oleh guru dalam pembelajaran daring bahasa Jepang di SMK Kota Singaraja yaitu kesulitan dalam kuota dan sinyal, keaktifan dan keikutsertaan peserta didik, serta penerapan pendekatan saintifik dan keterampilan abad-21.